Headlines

Pendidikan Intensif Aqidah Tauhid


Tauhid adalah inti ajaran dari para nabi dan juga merupakan inti tugas risalah yang di bawa Nabi Muhammad saw. Sejak diutusnya Nabi Muhammad saw sebagai nabi dan rasul, sejak itulah kenabian dan kerasulan berakhir. Kenabian dan kerasulan memang telah berakhir, tetapi risalah yang dibawa Nabi Muhammad adalah risalah sepanjang zaman hingga datangnya hari kiamat nanti.

Tauhid bukanlah sekedar mengenal dan mengerti bahwa pencipta alam semesta ini adalah Allah Ta’ala, bukan sekedar mengetahui bukti-bukti rasional tentang kebenaran wujud(keberadaan)-Nya dan wahdaniyah(keesaan)-Nya; bukan pula sekedar mengenal Asma’ dan Sifat-Nya. Akan tetapi tauhid ialah pemurnian ibadah kepada Allah Ta’ala yaitu menghambakan diri hanya kepada Allah secara murni dan konsekuen dengan mentaati segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya dengan penuh rasa rendah diri, cinta, harap dan takut kepada-Nya.

Tauhid memegang peranan yang sangat penting dan menentukan bagi kehidupan manusia, karena tauhid menjadi landasan bagi setiap amal yang dilakukannya. Dalam QS. Al An’am (6):162 , Allah Ta’ala berfirman: "Katakanlah: 'Sesungguhnya shalat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Robb semesta alam." Jika Allah Ta’ala adalah tujuan dari semua perbuatan yang dilakukan oleh manusia, maka tentunya pemahaman yang benar dan mendalam tentang Allah Ta’ala haruslah menjadi syarat wajib bagi setiap orang yang mengaku beriman.

Dengan demikian, menjadi komitmen bagi kami (Yayasan Pendidikan Al Ikhlas) sebagai penyelenggara majelis ilmu ini untuk mengadakan pendidikan intensif mengenai akidah tauhid. Sesungguhnya beban dakwah ini, telah Allah Ta’ala amanahkan kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, maka berbahagialah menyambutnya dan merengkuhnya dalam setiap amal keseharian kita dan pada akhirnya semoga Allah Ta’ala menjadikan kita sebagai golongan orang-orang yang beruntung, seperti firman-Nya dalam Q.S Ali Imran (3) :104 : "Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung."

Tujuan Pendidikan

  1. Memberikan pemahaman yang benar dan mendalam kepada para peserta mengenai ilmu tauhid serta bagaimana pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. 
  2. Mendidik peserta untuk dapat mengamalkan dan mendakwahkannya dengan sungguh-sungguh ke tengah-tengah ummat, sehingga pada akhirnya akan tercipta suatu kondisi ummat yang menerapkan islam secara kaffah sebagai konsekuensi dari akidah tauhidnya. 
  3. Menjadikan para peserta sebagai para ansarullah (penolong agama Allah) yang kokoh dalam diennya agar tak mudah goyah dari ujian dan fitnah dunia.

Sasaran Pendidikan

  1. Kaum muslimin dan muslimah yang merasakan perlunya pemahaman akan ilmu tauhid dalam kehidupannya.
  2. Kaum muslimin dan muslimah yang merasakan bahwa dakwah tauhid ini menjadi tanggung jawabnya terhadap ummat di sekitarnya yang belum memahami tauhid dengan benar sehingga kesyirikan merajalela.

Fasilitas :

Seminar Kit (Silabus, Name Tag, Alat Tulis, Snack)

Rencana Kegiatan :

a. Tempat
    Yayasan Al Ikhlas Jl. Raya Setu – Kp. Utan Rt. 06/01 No.1
    Rawa Banteng, Desa Mekar Wangi,
    Kecamatan Cikarang, Kabupaten Bekasi.

b. Tanggal
    04 November s.d 10 November (6 hari efektif)

c. Waktu
    Jam 08.00 s.d 17.00 (Total KBM -Kegiatan Belajar Mengajar- : 42 jam)

d. Infaq
    Rp 600.000 (bagi yang belum mampu, ada keringanan)

e. Pendaftaran dan Seleksi
    Tanggal pendaftaran : 10 Agustus -27 Oktober 2012
    Tanggal seleksi : 28 Oktober 2012
    Tempat seleksi : Yayasan Al Ikhlas.

*bagi peserta luar kota bisa test via internet.

CP : Emma Yusuf (085216572140), Fitria (085283584125), Ustadz Nanang A, Lc (081210144905)


No comments:

Post a Comment

Yayasan Al-IkhlasAll rights reservedyayasanalikhlas.net Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.