Headlines

SUSU KAMBING DAN BIJI SELADA AIR Bag. 1

"Dua makanan pahit apakah yang mengandung kesembuhan ? Tsifa dan lidah buaya". (HR. Abu Daud)

Biji Selada Air (Habb Al Rashaad)

Biji selada air atau Tsifa (hurf) disebut juga dengan Habb al-Rashaad. Dalam bahasa Inggris disebut cress. Tanaman yang memiliki nama latin Lepidium sativum atau Nasturtium ini enrginya ada dalam suhu panas dan kering pada tingkatan ketiga. Ibnu Qoyyim menjelaskan tanaman ini bisa mengobati asma, sesak napas dan kelainan limpa, memberihkan paru-paru dan melancarkan buang air. Pemanfaatan tsifa adalah penggunaan bijinya.

Ibnu Qoyyim menjelaskan untul hilbah, "Ketika seseorang makan hilbah dimasak dalam madu, kurma atau bahkan buah ara pada waktu perut kosong, akan melarutkan lendir yang terakumulasi di bagian dada dan perut, dan akan membantu melawan batuk yang menyertai penyakit tersebut."

Maka resep Ath Thibbun Nabawi utuk asma adalah dengan mengambil satu sendok biji hilbah (fenugreek) dan biji selada air (Habb al-Rashaad) yang telah ditumbuk halus, keduanya digoreng dalam sedikit minyak zaitun dengan api kecil, kemudian segera tambahkan madu dan 7 butir kurma lumat tanpa biji. Semua bahan tersebut dsimasak sampai berbentuk pasta. Ramuan ini kemudian dikonsumsi selagi hangat dan dalam keadaan perut kosong, serta hindari minum air sampau 2 jam kemudian.

Sumber: Tabloid Bekam
(Bersambung)

No comments:

Post a Comment

Yayasan Al-IkhlasAll rights reservedyayasanalikhlas.net Copyright © 2014

Theme images by Bim. Powered by Blogger.